Keyboard bermasalah di Windows 7

Ada-ada saja kerjaan yang tidak terduga. Kali ini diminta tolong buat benerin laptop HP Mini. Masalah sepele tapi mengesalkan. Keyboard. Papan ketik.

Ceritanya entah kenapa, keyboard si HP Mini ini berperilaku aneh.

  • tekan BACKSPACE key, malah muncul setingan pilihan layar (seperti ketika laptop terkoneksi dengan proyektor)
  • Tekan ENTER key, malah muncul tulisan dan jika ditekan lagi, malah ngeblok
  • Tekan SPACE key, muncul tulisan SVCSVCX dst bukannya spasi
  • Tekan SHIFT key, muncul tulisan. Hebatnya lagi, SHIFT kiri dan kanan menghasilkan tulisan berbeda.

Awalnya mau diisntal ulang saja Windows 7 yang digunakan. Tapi mikir2 lagi, kelamaan, coba dulu diperbaiki dulu.

Akhirnya bertapa ke mbah Google, banyak sekali kenungkinan jawaban. Dan parahnya, dari yang ada tadi, malah tidak ada yang pas dengan kondisi keyboard HP Mini ini.

Bosan sudah mencoba dengan berbagai solusi. Kemudian akhirnya mencoba dengan masuk ke Device Manager, cek driver-nya siapa tau bermasalah. Ada tanda kuningnya. Tapi ternyata enggak. Ya sudah, update driver, automatic dicarikan ke server. Tetep aja ga berubah. Ya sudah, UNINSTALL saja driver si Keyboard. Seteleh itu restart.

Eh, ternyata setelah restart, ada perbaikan. Backspace, Enter dan Space key berfungsi normal. Tapi SHIFT key kanan kiri masih seperti semula.

Restart lagi, trus masuk ke SAFE MODE di Windows 7. Masuk Device Manager lagi. Uninstall lagi driver keyboardnya. Restart komputer.

Daaaannnn… akhirnya semua normal kembali setelah di uji coba ngetik dengan Word.

Laptop dimatikan. Terus mau diserahkan kepada yang punya. Setelah dinyalakan, pencet tombol enter, daaannnn… Masalahnya balik lagi. Aarrgghhh

Mungkin benar Anda Windows, pikirku. Ya sudah instal ulang. D setelah beres, kemudian buka Word. Mulai mengetik. Daaannnn….. Masalahnya balik lagi. Masih error. Hua…Hua…Hua…

Akhirnya ke Mbah Google. Salah satunya adalah update BIOS. Walaupun tahu ini beresiko, tapi sudahlah dicoba saja. Akhirnya download update BIOS dari web resminya HP. Kemudian instal seperti biasa dari Windows. Ternyata memang ini BIOS baru. Versi 16. Yang terinstall versi 14. Kemudian restart laptop.
Berhasil restart. Kemudian pencet tombol backspace, enter, space, shift semuanya tidak ada tanda tanda aneh. Buka Word buat ngetik. Akhirnya semua tombol berfungsi normal. Leganya hati.

Tapi kembali berpikir, jangan jangan setelah dimatikan kemudian sekian lama dinyalakan kembali, dia malah kumat lagi. Untungnya setelah sekian kali percobaan, tidak muncul lagi masalah keyboardnya.

Case closed. The end.

Update terakhir: Akhirnya ganti keyboard fisiknya ke tempat service komputer

Diterbitkan oleh acennova

I live in Bali, Indonesia. Beautiful place, Island of Gods. Bali is my life

2 tanggapan untuk “Keyboard bermasalah di Windows 7

    1. Wah gak tau juga sih. Itu banyak kemungkinan jawaban. Jadi dicoba saja. Trial and error

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.